Senin, 02 April 2012

ISTILAH- ISTILAH DASAR DALAM INTERNET

  1. HTML : Hyper Text Mark Up Language adalah cara untuk menulis isi halaman web sehingga hasilnya bisa dibaca dan ditampilkan atau bisa juga diartikan bahasa pemrograman yang bersifat statis dimana tidak membutuhkan server dalam menjalankannya.
  2. Artifical Intelligence (AI): kecerdasan buatan. Bidang studi komputer yang ingin menghasilkan mesin yang mampu meniru kecerdasan manusia, misalnya dalam penginderaan, pemahaman bahasa, dan pengambilan keputusan.
  3. Filter : program yang menyaring/menyortir/mengurutkan data menurut katergori tertentu. Dalam aplikasi pengolahan gambar digital, merupakan efek untuk memodifikasi gambar.
  4. ISP : Internet Service Provider ( penyedia jasa internet ). Lembaga/perusahan yang mengubungkan komputer anda dengan internet. Misalnya Telkomnet Instan.
  5. Mailing List : disingkat mailist, di Indonesia menjadi milis. Sebuah forum diskusi di Internet dengan menggunakan e-mail. Satu anggota akan diterima oleh semua anggota, termasuk si pengirim sendiri.
  6. Mail-Merge fitur dalam aplikasi pengolah kata yang memungkinkan anda untuk mencipkan dokumen ganda berdasarkan pada data dari sumber lain, yang biasanya adalah program database. Misalnya untuk mengirimkan satu surat atau e-mail kebanyak orang sekaligus.
  7. Mail-Server komputer dalam sebuah jaringan yang bertugas menangani penerimaan dan pengiriman e-mail para penggunanya.
  8. GPRS : General Packer Radio Service. Standar komunikais nirkabel, pengembangan dari GSM.
  9. Link : Penghubun antar-file dalam sebuah dokumen yang penampakannya dilayar terwakili oleh oleh teks bertanda khusus maupun ikon.
  10. Log in : disebut juga login, log on dan logon. Proses untuk masuk ke dalam system sebuah komputer, jaringan atau layanan online, yang meninta pengisian nama dan password penggunanya agar komputer dapat mengenali dan mengakui keabsahannya dalam mengakses.
  11. Shout Box : tempat bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan pemilik blog dan pengunjung lain meninggalkan komentar dan pegsan.
  12. Style : format penulisannya. Dalam halaman web biasanya ditulis dalam sebuah file berekstensi .css ( cascading style sheets )
  13. Template : desain yang sudah jadi dan siap dipakai.
  14. WYSIWYG : What You See Is What You Get. Apa yang anda liat pada layar kerja, itulah yang akan terlihat pada bidang cetak, tampilan akhir pada monitor atau laman web.
  15. Website adalah : keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi
  16. Domaian adalah : nama unik yang dimiliki oleh sebuah institusi atau perorangan sehingga bisa diakses melalui internet (interconnection networking)
  17. Hyperlink adalah hubungan antara satu halaman web dengan halaman web  lainnya.
  18. Hypertext adalah text yang dijadikan media penghubung antara satu halaman web dengan halaman web lainnya.
  19. Homepage adalah halaman awal dari sebuah domain atau halaman awal pada saat kita pertama kali membuka halaman web atau menu home.
  20. SHAREWARE: Software yang merupakan sample yang dapat dicoba dulu, dan jika berminat kita dapat menghubungi penjual untuk membelinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar